Karesidenan.com, PATI – Stadion Joyokusumo Pati yang digadang-gadang bakal menjadi stadion terbaik berstandart FIFA, ternyata cuma harapan palsu.

Dikutip dari laman Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Jawa Tengah pada 15 Mei 2022, Pembangunan lanjutan Stadion Joyokusumo telah dianggarankan sebesar Rp15 Miliar.

Pembangunan tersebut mencakup lintasan atletik, penambahan tribun penonton, lampu penerangan dan pemasangan rumput sintetis.

Setelah proses pembangunan rampung, Stadion Joyokusumo ternyata dinyatakan tidak lolos verifikasi dari PSSI, karena belum menenuhi syarat.

Hasil Verifikasi Stadion Joyokusumo tertuang dalam Surat PSSI No. 1559/UDN/1051/IV-2022 yang ditandatangani oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi, 26 April 2022 lalu dan diunggah di akun resmi medsos Persipaofficial.

“Berdasarkan verifikasi faktual, Tim Teknis PSSI ¬†menyatakan bahwa stadion Joyokusumo Pati belum memenuhi syarat untuk masuk dalam katagori stadion sesuai yang tercantum dalam Regulasi Stadion PSSI,” kata Yunus Nusi dalam surat.

Hasil verifikasi tersebut membuat Manajemen Persipa dan Patifosi mempertanyakan kejelasan sertifikat FIFA rumput Stadion Joyokusumo, dan mengirim surat terbuka kepada DPUTR Kab. Pati.