Karesidenan.com – Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa, karena banyak orang yang akan menunggu-nunggu kedatangannya untuk menjalani puasa 1 bulan penuh. Banyak yang menyibukkan diri dengan membeli berbagai kebutuhan ada juga yang bekerja keras untuk mengumpulkan tabungan yang digunakan selama berpuasa.

Inilah Tanda Kalau Sebentar Lagi Mau Bulan Puasa Di Indonesia
Inilah Tanda Kalau Sebentar Lagi Mau Bulan Puasa Di Indonesia

Nah, ada yang unik dalam penyambutan bulan puasa di Indonesia. Jika kita memperhatikan, tentu tanda-tanda ini cuma ada di Indonesia loh, mau tau apa saja ? Berikut tanda-tanda kalau sebentar lagi mau bulan puasa :

1. Makin Intensifnya Iklan Sirup 

Bukannya bulan-bulan sebelumnya tidak ada iklan tersebut, tetapi menjelang bulan puasa iklan sirup terutamanya akan sering tampil di televisi anda. Iklan sirup menjadi salah satu ciri khas bulan Ramadhan di Indonesia. Pasalnya sirup adalah sajian minuman yang murah namun rasanya juga pas untuk di konsumsi saat berbuka puasa.

Contohnya sirup Marjan, sirup ABC, dll. Entah apa yang melatar belakangi fenomena iklan sirup di menjelang Ramadhan ini. Tapi, memang benar-benar menggoda iman! Bisa dibilang, iklan sirup merupakan salah satu godaan terberat di Bulan puasa.

2. Banyaknya Stasiun Televisi Yang Menampilkan Sinetron Religi

Stasion Televisi mulai berlomba-lomba untuk memproduksi Sinetron Realigi. Isinya ya gitu-gitu aja, kalau tidak tentang orang yang menderita lalu bahagia atau orang yang terkena adzab. Misal Azab juragan berasa yang curang, Azab tukang bakso tikus, dll.

3. Penyanyi / Band Tiba-tiba Pindah Aliran Musik Realigi

Jangan kaget, jika menjelang ramadhan nanti para penyanyi dan band akan beralih (sementara) ke musik religi. Hal itu dikarenakan bulan Ramadhan merupakan moment untuk mendekatkan diri kepada Allah. Tapi apakah itu cuma sensasi ? Ada yang benar-benar ingin mencari keberkahan rezeki di Bulan Ramadhan ada juga yang hanya untuk mendobrak penjualan Albumnya. Dalam hal ini band yang paling antusias dalam membuat single religi adalah Band Wali, Setia Band dan Ungu.

Tetapi yang patut kita tunggu-tunggu untuk Ramadhan tahun ini, apakah Smash, Coboy Junior, JKT48, Duo Serigala, Trio Macan akan membuat lagu religi juga ?

4. Maraknya Berita Info Mudik

Ciri khas dari masyarakat kita adalah bermudik. Entah ini tradisi nenek moyang atau memang telah menjadi gaya hidup di menjelang dan ketika Ramadhan tiba. Kita tau bahwa banyak orang yang tak menetap di kampung halamannya, sehingga mereka mencari nasib di perkotaan. Dan dengan bermudik, setidaknya mereka bisa mengunjungi kampung halamannya.

5. Artis-artis Wanita Mendadak Berhijab 

Fenomena Bulan Ramadhan memang luar biasa. Karena mampu mengubah gaya hidup seseorang. Yang dulunya selalu tampak berpenampilan seksi dan terbuka, ketika Ramadhan tiba mereka mulai mengenakan hijab.

6. Adanya Iklan Sarung

Iklan sarung juga mendominasi tanda datangnya bulan Ramadhan khusus pria. Target pemasaran sarung diprediksi akan naik di Bulan Ramadhan karena orang akan membeli kebutuhan untuk beribadah di Bulan Ramadhan. Salah satu yang paling populer adalah Sarung cap gajah duduk atau wadimor.

7. Munculnya Penjual Kurma, Kolang Kaling dan Blewah

Nggak asik kalau cuma minuman yang eksis sebelum Ramadhan, makanan juga harus ada. Daaan, makanan itu biasanya adalah kurma. Salah satu tanda datangnya bulan puasa adalah merebaknya penjual kurma di mana-mana. Di pinggir jalan, di minimarket, bahkan uniknya sampai di BBM segala.

“Yuk sist, beli kurmanya via bbm aku sist! Open PO nih sist!”

Selain kurma, makanan lain juga jadi tiba-tiba eksis. Misalnya es campur, kolang kaling, blewah, gorengan plus sambel kacangnya, dan juga kolak. Wah wah wah, bulan puasa emang bulan berkah. Jadi banyak menu makanan nih!

8. Suara Petasan (Mercon) Dimana-mana

Biasanya, sebelum atau ketika ramadhan tiba kita akan sering terdengar suara petasan atau di desa populer dengan nama mercon. Mulai dari mercon rek, mercon jemprit, hingga kembang api. Kalau di desa, anak-anak akan berlomba-lomba membuat mercon sendiri, biasanya di ledakkan pada saat seusai sholat terawih ataupun sehabis sahur. Duarrrr…..

9. Mendadak Musim Putus 

Banyak pasangan yang putus ternyata juga salah satu tanda bulan suci akan tiba. Kenapa fenomena musim putus ini bisa terjadi sebelum Ramadhan? Soalnya banyak yang menggunakan momen puasa ini sebagai alasan untuk putus.

Contohnya, “Say kita pokoknya harus putus. Aku mau fokus puasa.” atau juga, “Maaf kita harus putus. Aku nggak mau bikin dosa lagi, tetapi setelah lebaran kita balika lagi ya say.”

10. Islam Di Indonesia Terbagi 2 : Muhammadiyyah dan Pemerintah

Bukan lagi masalah syiah ataupun wahabi, bukan lagi imam malik maupun hambali, bahkan bukan lagi NU dan Muhammadiyyah. Tetapi di bulan ramadhan hanya akan ada 2 islam di Indonesia, yaitu Islam Muhammadiyyah dan Islam Pemerintah. Saya yakin 100% kalau Islam Pemerintah cuma ada di Indonesia. Kehebohan itu biasanya muncul ketika penentuan awal 1 ramadhan dan penentuan 1 syawwal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here