Karesidenan – Bagi kamu yang suka menggunakan makeup sehari-hari, cobalah secara rutin cuci dan bersihkan alat atau kuas makeup, yaitu sekitar 7 hingga 10 hari sekali. Hal ini bertujuan agar kondisi kulit wajahmu tetap sehat dan terlindungi dari kuman maupun bakteri berbahaya yang menempel pada alat-alat makeup yang sering digunakan.

Dikutip dari laman American Academy of Dermatology Association, berikut tips membersihkan alat-alat makeup, yaitu:

1. Bilas Ujung Bulu Kuas dengan Air Hangat

Bilaslah ujung bulu kuas dengan air hangat agar bakteri dan sisa-sisa produk makeup yang masih menempel pun luntur. Selain itu, hindari merendam kuas secara keseluruhan karena hal tersebut hanya akan melarutkan dan merusak lem perekat pada gagang dan bulu kuas.

2. Siapkan Air Larutan Sabun Khusus Peralatan Makeup atau Shampoo

Setelah dibilas, siapkan sebuah wadah berisikan air hangat yang kemudian dicampur dengan shampoo berbahan lembut secukupnya. Setelah itu, aduk campuran air hangat dengan shampoo tersebut.

Namun, bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif dan lebih detail, kamu dapat mengganti shampoo dengan sabun khusus pembersih peralatan makeup agar bulu pada kuas tetap lembut dan tidak rontok atau rusak.

3. Cuci Kuas dengan Lembut

Mulai masukan dan cucilah alat makeup seperti kuas dengan air larutan sabun atau shampoo yang telah disiapkan sebelumnya.