Karesidenan – Menjelang perayaan Idul Adha, tak sedikit orang yang mulai menyiapkan beberapa hal untuk menyambutnya. Termasuk dalam hidangan yang akan disajikan dengan bahan dasar daging. Tentu saja, beberapa orang telah menyiapkan beragam resep masakan untuk memasak daging.

Daging merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, agar nutrisinya tidak hilang dan sehat ketika dikonsumsi, proses pengolahannya perlu diperhatikan. Sebab, jika proses pengolahnnya salah, dapat mempengaruhi kesehatan.

Melansir dari yesdok.com serta halodoc.com, inilah beberapa tips dalam memasak daging agar sehat untuk dikonsumsi.

1. Potong daging lebih kecil ketika dipanggang

Untuk kamu yang hendak memanggang daging, ada baiknya untuk memotong daging berukuran kecil. Hal ini karena hidrokarbon romatik polisiklik (PCA) bisa terbentuk ketika daging terpapar asap, sehingga membuat lemak menetes ke dalam panggangan atau kobaran api.

Sehingga dengan memotong daging lebih kecil atau berukuran ramping, dapat meminimalisir lemak yang menetes, sehingga risiko terbakar akan lebih rendah.

2. Perhatikan suhu panasnya

Saat daging dipanaskan dengan suhu yang terlalu tinggi baik diolah dengan cara digoreng atau dipanggang, akan menimbulkan senyawa amina heterosiklik (HCA) serta hidrokarbon romatik polisiklik (PCA) terbentuk. Akibatnya senyawa ini bisa menimbulkan penyakit kanker.